Senin, 07 Mei 2012

Manusia dan Keindahan :)

Manusia dan Keindahan? keindahan dalam arti apa yaaa maksudnya? 

Keindahan menurut wartawarga gunadarma itu "Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indah, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran."

Yap setuju deh sama kutipan pengertian dari wartgawarga gunadarma :D
 
Keindahan itu bisa dilihat oleh manusia dari beberapa sisi , tidak hanya identik dengan keindahan alam saja loh ,berbagai macam karya yang sudah dibuat oleh manusia itu sendiri juga bisa dibilang keindahan . Walaupun pada umumnya setiap manusia berfikir keindahan itu pasti keindahan alam yang sudah Allah ciptakan di muka bumi ini. Keindahan juga bisa dilihat dari karya-karya manusia itu sendiri loh. Keindahan tidak hanya  dapat dilihat melalui wujud nyata , sesuatu yg muncul dari dalam diri manusia itu sendiri juga bisa disebut dengan keindahan , lebih tepatnya inder beauty. 

Ada juga teori umum tentang nilai The Liang Gie menjelaskan bahwa, pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis nilai seperti halnya nilai moral, nilai ekonomi, nilai pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik. Dalam ”Dictionary of Sociology and Related Science” diberikan rumusan tentang nilai sebagai berikut :

‘”The believed Capacity of any object to saticgy a human desire. The Quality of any object which causes it be of interest to an individual or a group” (Kemampuan yang dianggap ada pada suatu benda yang dapat memuaskan keinginan manusia. Sifat dari suatu benda yang menarik minat seseorang atau suatu kelompok).

tapi keindahan itu tidak akan abadi apabila manusia itu sendri tidak menjaga dan melestarikan keindahan itu sendiri.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Manusia dan Keindahan itu sangat berkaitan satu sama lainnya keindahan tidak akan abadi apabila manusia tidak menjaga dan melestarikan itu semua.


sumber:  http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/03/pengertian-keindahan/ , pendapat langsung Danty Dwi Putri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar