Selasa, 31 Maret 2015

Etika dan Profesionalisme Dalam Pekerjaan



Dunia kerja jelas berbeda dengan apa yang sedang saya jalani saat ini yaitu sebagai mahasiswi, di kampus saya beretika selayaknya sebagai mahasiswi. Etika dan profesinalisme dalam dunia kerja jelas dibutuhkan, apa itu etika? sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral,begitulah pengertian etika yang saya kutip dari wikipedia. Singkatnya etika adalah aturan prilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang benar dan mana yang buruk. Bagaimana dengan Profesionalisme? Profesionalisme adalah sifat-sifat (kemampuan, kemahiran, cara pelaksanaan sesuatu dan lain-lain) sebagaimana yang sewajarnya ter­dapat pada atau dilakukan oleh seorang profesional, profesional adalah  seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya. 
Ada pun manfaat yang di dapat dari etika di dalam dunia kerja antara lain dapat mengetahui mengenai penilaian baik dan juga buruk bagi semua manusia dalam ruang dan waktu tertentu, dan ada pun manfaat yang di dapat dari profesionalisme dalam dunia kerja antara lain, dapat menghargai pendapat orang lain yang berbeda, selain itu dapat menganalisis suatu masalah yang di hadapi di dunia kerja, selain itu juga seseorang yang profesionalisme juga mempunyai sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaik bagi diri dan perkembangan pribadinya.
Jadi, etika dan profesionalisme dalam suatu pekerjaan sangatlah penting. Pekerjaan apapun akan terasa lebih baik jika yang mengerjakan memiliki etika dan profesinalisme dalam bekerja.



sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Profesional
http://ms.wikipedia.org/wiki/Profesionalisme



Tidak ada komentar:

Posting Komentar