post kali ini akan menjelaskan tentang Budaya Organisasi. Sebelumnya alangkah baiknya mengetahui arti dari budaya dan organisasi. menurut saya Budaya itu sulit
untuk didefinisikan karena Budaya bersifat dinamis
dan selalu berubah pada jangka waktu yang
singkat. tapi budaya dapat diartikan cara hidup yang berkembang dan dimiliki
bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke
generasi. sedangkan Organisasi adalah kumpulan orang" atau kelompok dalam suatu wadah untuk tujuan bersama.
Dari penegertian dari masing-masing budaya dan organisasi diatas maka dapat disimpulkan budaya organisasi adalah sebuah cara hidup bersama yang dianut oleh para anggota yang membedakan suatu organisasi dari organisasi-organisasi lainnya.
Budaya organisasi juga mempunyai ciri-ciri tertentu yaitu harus inovasi dan inovatif dalam mengambil resiko, cermat dalam menganalisis sesuatu, Sejauh mana manajemen memfokus Orientasi hasil
pada hasil bukannya pada teknik dan proses
yang digunakan untuk mencapai hasil tersebut.
Sejauh mana keputusan manajemen
Orientasi orang memperhitungkan efek pada orang-orang
di dalam organisasi itu. Kemantapan
Organisasi menekankan dipertahankannya budaya
organisasi yang sudah baik.
Keagresifan Keterkaitan dengan agresivitas karyawan.
Sejauh mana kegiatan kerja Orientasi tim
diorganisasikan sekitar tim- tim, Bukannya
individu.
Budaya Organisasi juga mempunyai fungsi yaitu mempermudah timbulnya komitmen
pada sesuatu yanglebih luas daripada kepentingan diri individual
seseorang , membantu mempersatukan
organisasi itu dengan memberikan standar-standar yang tepat untuk
dilakukan oleh karyawan, Budaya sebagai mekanisme pembuat makna dan
kendali yangmemandu dan membentuk sikap serta perilaku karyawan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar