Selasa, 26 Maret 2013

RUANG LINGKUP EKONOMI




Kalau bicara mengenai ekonomi pasti sudah tidak asing lagi , karena kegiatan ekonomi dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, dan konsumsi terhadap barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup. "ekonomi" sendiri berasal dari bahasa Yunani, yaitu οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos) yang berarti "peraturan, aturan, hukum". Secara garis besar, ekonomi diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga. Ekonomi juga terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Manusia tidak bisa lepas dari eonomi, karena apa yang dilakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup tersebut harus dipenuhi apalagi jika bukan dengan faktor ekonomi. Jadi, sangatlah penting memahami dan mengetahui pentingnya ekonomi.pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari juga menghadapi masalah ekonomi. Inti dari masalah ekonomi yang dihadapi manusia adalah kenyataan bahwa kebutuhan manusia jumlahnya tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas.

Masalah Pokok Ekonomi terbagi menjadi 2 yaitu: 

menurut Aliran Klasik yaitu masalah pokok ekonomi terdiri dari : 

Produksi 

menyangkut masalah usaha atau kegiatan mencipta atau menambah kegunaan suatu benda. 

Distribusi

menyangkut kegiatan menyalurkan barang dari produsen kepada konsumen. 

Konsumsi

menyangkut kegiatan menghabiskan atau mengurangi kegunaan suatu benda.


Menurut aliran Modern:

Ekonomi mengakomodasikan masalah ekonomi dalam tiga masalah pokok yaitu:

Barang dan jasa apa yang akan dihasilkan/diproduksi dan berapa jumlahnya(what).

Masalah ini menyangkut persoalan jenis dan jumlah barang jasa yang diproduksi agar sesuai kebutuhan masyarakat: apakah bahan makanan yang dipilih? apakah pakaian, tempat tinggal atau jasa lain? serta berapa banyak barang tersebut diproduksi?

Bagaimana barang dan jasa itu dihasilkan/diproduksi(How).

Setelah jenis dan jumlah produksi dipilih, persoalan yang harus dipecahkan selanjutnya adalah bagaimana barang tersebut diproduksi? siapa yang memproduksi? sumber daya apa yang digunakan? teknologi apa yang digunakan?

Untuk siapa barang dan jasa itu dihasilkan/diproduksi (for Whom).

Setelah pemecahan persoalan bagaimana memproduksi lebih lanjut adalah untuk siapa (for whom) barang yang akan diproduksi? siapa yang harus menikmati? Apakah barang-barang yang diproduksi tersebut akan didistribusikan menurut ukuran pendapatan, kekayaan atau kelompok tersebut dimasyarakat.

Pengaruh Mekanisme Harga

Krisis finansial global yang terjadi sejak akhir tahun 2007 telah menyebabkan perlambatan ekonomi global secara bertahap. Diperkirakan daya beli masyarakat menurun. Banyak pihak yang mengatakan bahwa krisis hanya terjadi pada negara maju seperti Amerika Serikat dan Uni Eropa. Namun perlu di ingat bahwa sebagian besar negra yang kekuatan pasarnya sedang tumbuh (energing market) menguasai 60% pangsa pasar ekspor ke Amerika Serikat dan negara-negara maju. Karena itu, jika terjadi penurunan permintaan, pasti akan berdampak terhadap permintaan barang-barang dari negara-negara sedang tumbuh (emerging countries). Tentu hal ini akan berakibat pada menurunnya kinerja berbagai sektor usaha, khususnya industri

Masalah ekonomi tidak bisa hanya didiamkan saja , tapi harus dicari solusinya atau cara untuk mengatasinya yaitu dengan membutuhkan sistem ekonomi yang tepat dan sesuai dengan kondisi permasalahan ekonomi yang ada. Sebelumnya pengertian dari sistem ekonomi adalah perpaduan dari peraturan atau cara-cara yang merupakan satu kesatuan yang digunakan untuk mencapai tujuan tertentu dalam perekonomian.

Pada umumnya ada 4 sistem ekonomi , yaitu:

Sistem Ekonomi Tradisional 

Sistem ekonomi ini merupakan sistem ekonomi yang dijalankan secara bersama untuk kepentingan bersama (demokratis), sesuai dengan tata cara yang biasa ditempuh oleh nenek moyang sebelumnya. Pada umumnya, sistem perekonomian ini berlaku pada negara-negara yang belum maju, dan mulai ditinggalkan.

Sistem Ekonomi Terpusat 

Pada sistem ekonomi ini, pemerintah bertindak sangat aktif, segala kebutuhan hidup termasuk keamanan dan pertahanan direncanakan oleh pemerintah secara terpusat. Pelaksanaan dilakukan oleh daerah-daerah di bawah satu komando dari pusat. Pada umumnya sistem ekonomi terpusat ini diterapkan pada negara-negara yang menganut paham komunis. Namun karena kurang sesuai dengan aspirasi rakyat, akhir-akhir ini sudah ditinggalkan.

Sistem Ekonomi Pasar 

Pada sistem ekonomi pasar, kehidupan ekonomi diharapkan dapat berjalan bebas sesuai dengan mekanisme pasar.Siapa saja bebas memproduksi barang dan jasa, sehingga mendorong masyarakat untuk bekerja lebih giat dan efisien. Salah satu ciri sistem ekonomi pasar adalah berlakunya persaingan secara bebas.

Sistem Ekonomi Campuran 


Sistem ekonomi campuran pada umumnya ditetapkan pada negara-negara berkembang. Dalam sistem ini sektor swasta dan pemerintah sama-sama diakui. Hal ini berarti di samping sektor swasta, terdapat pula badan perencana negara yang merencanakan arah dan perkembangan ekonomi. Sistem ekonomi campuran ini dasarnya merupakan perpaduan antara sistem ekonomi terpusat dengan sistem ekonomi pasar.


Soal :


Apakah pentingnya ekonomi bagi kehdupan sehari-hari?


jawab: 


Ekonomi sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Karena manusia tidak bisa lepas dari eonomi, karena apa yang dilakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup tersebut harus dipenuhi apalagi jika bukan dengan faktor ekonomi. Jadi, sangatlah penting memahami dan mengetahui pentingnya ekonomi.





sumber: 

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Ekonomi


http://oziekonomi.wordpress.com/materi/materi-kelas-x/masalah-pokok-ekonomi/


http://www.anneahira.com/pengertian-ekonomi.htm






































Tidak ada komentar:

Posting Komentar