Senin, 27 Mei 2013

struktur pasar

Pasar ? apasih yang dimaksud pasar ? pasti hampir semua orang mengetahui apa itu pasar terutama para ibu rumah tangga. Pasar memang tempat berbelanja para ibu rumah tangga, tetapi pasar juga mempunyai sempit dan arti luas. Dalam arti sempit pasar adalah tempat dimana pada umumnya braang dan jasa diperjualbelikan dan dalam arti luas pasar adalah proses dimana pembeli dan penjual saling berinteraksi untuk menentukan atau menetapkan harga keseimbangan/harga pasar. Pasar juga mempunyai syarat yaitu terdapat penjual dan pembeli,Tersedia barang dan jasa yang akan diperjualbelikan, Terjadinya transaksi antara pembeli dan penjual melalui proses tawar menawar, Tersedianya media untuk interaksi antara penjual dan pembeli. pasar juga mempunyai fungsi yaitu Fungsi distribusi, Fungsi pembentukan harga, Fungsi promosi. Tidak hanya syarat dan fungsi , tetapi pasar juga mempunyai bentuk-bentuk pasar atau yang biasa disebut struktur pasar. Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya dan dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:

Pasar persaingan sempurna

Pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah produsen dan konsumen sangat banyak. Persaingan sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal, karena struktur pasar ini akan dapat menjamin berlangsungnya aktivitas produksi dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Oleh karena itu dalam analisis ekonomi sering digunakan asumsi bahwa perekonomian merupakan pasar persaingan sempurna. 

Adapun ciri-ciri dari pasar persaingan sempurna adalah:

- Terdapat banyak penjual dan pembeli

- Barang yang diperjualbelikan homogeny

- Setiap perusahaan bebas keluar masuk

- Pembeli mengethui kondisi pasar

- Factor produksi bebas keluar masuk pasar

- Perusahaan menerima harga yang ditentukan pasar

- Tidak ada campur tangan pemerintah

Kebaikan dari pasar persaingan sempurna ini adalah Tidak tampak kegiatan saling menyaingi antarpenjual , Adanya satu harga, Kepuasan konsumen maksimal karena bebas menentukan pilihan, Keuntungna produsen maksimal.

kelemahan dari pasar persaingan sempurna ini adalah Tidak ada pilihan bagi konsumen untuk memilih karena semua brang sama dan sejenis, Harga tidak bisa ditawar lagi, Perusahaan tidak punya anggran untuk mengadakan penelitian.

Pasar monopoli

Pasar monopoli adalah pasar yang hanya ada satu penjual yang menguasai perdagangan sehingga penjual dapat menentukan harga dan mencari keuntungan sebanyak mungkin. Pasar monopoli jelas berbeda dengan pasar persaingan sempurna, ciri-ciri pasar monopoli adalah:

- tertutupnya pintu masuk ke pasar

- Hanya ada satu penjual dan banyak pembeli

- Tidak ada perusahaan lain yang bisa membuat barang substitusi yang sempurna 

- Rintangan cukup kuat untuk masuk ke pasar

- Pembeli tidak punya barang untuk memilih barang

- Keuntungan hanya untuk satu penjual

- Harga ditentukan oleh perusahaan

Kelebihan dari pasar monopoli adalah Menghindari produk tiruan dan persaingan yang tidak sehat, Terjaganya kesinambungan stabilitas perusahaan,mendorong penggunaan mesin dengan tingkat teknologi tinggi.

Kelemahan dari struktur pasar ini adalah Adanya kesenjangan dalam pembagian pendapatan, perusahaan lain sulit memasuki pasar, jumlah produk tergantung monopolis.

Pasar monopolistis

Pasar monoplistis adalah bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini banyak dijumpai pada sektor jasa dan perdagangan eceran.

Ciri-ciri pasar monopolistis yaitu:

- Terdiri atas banyak penjual dan banyak pembeli.

- Barang yang dihasilkan sejenis, hanya coraknya berbeda. Contoh: sabun, pasta gigi, dan minyak goreng.

- Terdapat banyak penjual yang besarnya sama, sehingga tidak ada satu penjual yang akan menguasai pasar.

- Penjual mudah menawarkan barangnya di pasar.

- Penjual mempunyai sedikit kekuasaan dalam menentukan dan memengaruhi harga pasar.

- Adanya peluang untuk bersaing dalam keanekaragaman jenis barang yang dijual. 

Kebaikan dari pasar ini yaitu memberi kebebasan memilih bagi pembeli, memberi kepuasan lebh pada pembeli karena ada persaingan penjual, Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar.

Kekurangan dari pasar monopolistis ini adalah masih terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna, bagi perusahaan yang kecil , tingkat efisiensinya relatif rendah,kurang efisiennya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih kecil

Pasar oligopoli

Pasar oligopoli adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.

Ciri-ciri dari pasar oligopoli adalah

- Hanya terdapat sedikit penjual di pasar

- Produk-produk dari perusahaan di pasar Oligopoli ini dapat distandarisasikan

- Terdapat pembedaan produk/corak

- Promosi iklan sangat diperlukan untuk persaingan

Kebaikan dari pasar oligopoli adalah memberi kebebasan memilih bagi pembeli, mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk,lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual,adanya penerapan teknologi baru.

Kekurangan dari pasar oligopoli adalah Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan, harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi, bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang, bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi,sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru.


Sumber:

http://id.m.wikipedia.org/wiki/Struktur_pasar
http://kerozzi.blogspot.com/2013/02/perbedaan-pasar-monopoli-monopolistik-persaingan-sempurna.html
http://www.ilmuku.com/file.php/1/Simulasi/mp_302/materi1.html
http://id.m.wikipedia.org/wiki/Oligopoli


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar