Sabtu, 09 November 2013

karya ilmiah

Kalau bicara tentang karya ilmiah, pasti tidak jauh dari penelitian.Hasil dari penelitian tersebut dibuat menjadi suatu laporan yang dinamakan karya ilmiah. singkatnya, karya ilmiah adalah laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan. Karya Ilmiah dapat dibuat oleh siapa saja. tapi pada umumnya, karya ilmiah seringkali menjadi tugas mahasiswa di perguruan tinggi baik jenjang diploma maupun sarjana. Tugas membuat karya ilmiah dapat berupa makalah, laporan praktikum maupun tugas akhir.
Terdapat banyak jenis-jenis karya ilmiah , yaitu :

1. Karya ilmiah dapat berupa Makalah, makalah adalah karya tulis ilmiah yang menyajikan suatu masalah yang pembahasannya berdasarkan data dilapangan yang bersifat empiris-objektif. makalah menyajikan masalah dengan melalui proses berpikir deduktif atau induktif.

2. Skripsi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan pendapat penulis berdasarkan pendapat orang lain. Pendapat yang diajukan harus didukung oleh data dan fakta empiris-objektif, baik berdasarkan penelitian langsung (obsevasi lapangan, atau percobaan di laboratorium), juga diperlukan sumbangan material berupa temuan baru dalam segi tata kerja, dalil-dalil, atau hukum tertentu tentang salah satu aspek atau lebih di bidang spesialisasinya. Skripsi biasa ditemukan pada tugas akhir mahasiswa S1 sebagai syarat kelulusan.

3. Tesis adalah karya tulis ilmiah yang sifatnya lebih mendalam dibandingkan dengan skripsi. Tesis mengungkapkan pengetahuan baru yang diperoleh dari penelitian sendiri.

4. Disertasi adalah karya tulis ilmiah yang mengemukakan suatu dalil yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang sahih (valid) dengan analisis yang terinci). 

Dilihat dari jenis-jenis karya ilmiah diatas, penulisan karya ilmiah tidak hanya bertujuan untuk melatih keterampilan dasar untuk melakukan suatu penelitian , tapi juga untuk melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis serta mengembangkan ilmu pengetahuan, menjadi wahana transformasi pengetahuan untuk orang-orang yang membaca karya ilmiah tersebut. Disamping tujuan tersebut, penulisan karya ilmiah juga memiliki beberapa manfaat yaitu untuk melatih  mengembangkan keterampilan membaca yang efektif, melatih untuk menggabungkan hasil bacaan dari berbagai sumber, meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis, memperoleh kepuasan intelektual, memperluas cakrawala ilmu pengetahuan.

Dalam penulisan karya ilmiah , harus diperhatikan pula sistematika dalam penulisan karya ilmiah. Yaitu sebagai berikut :

A. BAGIAN PEMBUKA
1. Halaman Sampul
2. Halaman Judul
3. Halaman Pengesahan
4. Abstraksi
5. Kata Pengantar
6. Daftar Isi
7. Daftar Tabel, Gambar, Grafik, dll.

B. BAGIAN ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakangg Masalah
1.2 Rumusan masalah
1.3 Tujuan Penelitian
1.4 Manfaat Penelitian
1.5 Batasan masalah
1.6 Definisi Istilah (Boleh ada, boleh tidak)
1.7 Hipotesis

BAB II KAJIAN PUSTAKA/LANDASAN TEORI

BAB III METODE PENELITIAN
3.1 Jenis Penelitian
3.2 Lokasi dan Waktu Penelitian
3.3 Populasi dan Sampel Penelitian
3.4 Metode Pengumpulan Data
3.5 Teknik Analisis Data
3.6 Desain Penelitian

BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil
4.2 Pembahasan

BAB V
5.1 Kesimpulan
5.2 Saran

C. BAGIAN AKHIR
Daftar Pustaka
Lampiran
Biodata Peneliti




sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar